Search This Blog

Mobil Bertenaga Nuklir

"Mobil Sekali Isi Bahan Bakar Sepanjag Hidup"

Hasil gambar untuk Mobil Bertenaga Nuklir

Walaupun tenaga nuklir sering dipandang negatif dan mengerikan, namun itu juga dapat menjadi bagian dari masa depan kita. Ada sebuah perusahaan Amerika yang telah berkecimpung dalam bisnis transportasi radioaktif sejak lama, yaitu Laser Power Sistems (LPS).

Jika negara-negara umumnya melakukan riset tenaga nuklir untuk pembangkit listrik, maka LPS mempunyai tujuan yang lebih sempit yaitu membuat mobil bertenaga nuklir pertama di dunia atau tepatnya thorium. Thorium sendiri merupakan senyawa kimia yang memiliki energi sangat padat, dan 8 gram gumpalannya dapat menjadi energi mobil selama 100 tahun. Singkatnya, Anda tidak perlu lagi mengisi bahan bakar Anda sepanjang hidup Anda. Tidak diketahui kapan tepatnya transportasi bernergi masa depan ini akan dapat kita lihat, namun sejak 2011 tahun lalu prototype sudah terus dikembangkan.

Manfaat yang akan diraih bila kita memproduksi mobil bertenaga nuklir yaitu efisien dalam pengisian bahan bakar, kemungkinan pengisian bahan bakar terjadi setiap 3 sampai 5 tahun sekali, volume bahan bakar yg lebih sedikit, sebagai perbandingan 1 pon uranium dapat menggerakkan sebuah kapal induk atau kapal selam, tidak menghasilkan emisi. Hal yang masih menjadi kendala hinnga saat ini adalah bagaimana desain kapsul bahan bakar nuklir tersebut dikemas agar aman dan tahan terhadap tekanan mekanis, gempa dan risiko kecelakaan.

Saat ini thorium sedang dieksplorasi oleh para ilmuwan dengan pertimbangan ketersediaannya yang berlimpah dan sifatnya yang kurang beracun bila dibandingkan dengan bahan bakar uranium. Thorium selain berpotensi sebagai bahan bakar reaktor nuklir. Produsen mobil Cadillac mengeluarkan konsep mobil berbahan bakar thorium yang dinamakan  The Cadillac World Thorium Fueled Concept Car. Ilmuwan dari Cadillac mengatakan bahwa teknologi bahan bakar thorium bagi kendaraan berada dalam genggaman kita.

Charles Stevens, seorang ilmuwan dari Massachusetts Research and Development Firm Laser power System, sedang mengembangkan sebuah prototipe laser bertenaga thorium yang dapat digunakan untuk menghasilkan energi yang cukup untuk menghidupkan kendaraan namun tidak menghasikan emisi. Dibandingkan dengan konsep mobil Cadillac yang menggunakan reaktor nuklir thorium berskala kecil, stevens merancang sistem prototipe Max Felaser, laser berintensitas tinggi yang berbahan bakar thorium. Prinsip kerja Max Felaser adalah mengubah air manjadi uap bertekanan, yang memutar turbin sehingga menghasilkan listrik. Sistem ini dapat menghasilkan total daya gerak sebesar 250 kilowatt atau setara dengan 335 horse power, dengan berat sekitar 500 kg dan muat untuk ditempatkan dibawah kap mobil. Jadi, sistem prototipe laser berbahan bakar thorium nampaknya lebih berpotensi bila dibandingkan dengan konsep reaktor nuklir thorium skala kecil, karena belum ada satu pun desain reaktor yang cocok untuk kendaraan mobil.

Hasil gambar untuk Mobil Bertenaga Nuklir

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...