Search This Blog

Beberapa Batassan Logika dari Para Filsuf dan Ilmuwan

Hasil gambar untuk Batasan Logika

Berikut ini beberapa pengertia logika berdasarkan batas secara definisi :

a. Hassbullah Bakry

Logika adalah ilmu pengetahuan yang mengatur penitian hukum-hukum akal manusia sehingga menyebabkan pikirannya dapat mencapai kebenaran. Logika juga mempelajari aturan-aturan dan cara berpikir yang dapat menyampaikan manusia kepada kebenaran dan logika mempelajari pekerjaan akal dipandang dari aspek benar atau salah. (Hassbullah Bakry, 1964).

b. N. Drijarkara

Logika adalah ilmu pengetahuan yang memandang hukum-hukum susunan atau bentuk pikiran manusia yang menyebabkan pikiran dapat mencapai kebenaran. Berdasarkan definisi ini, orang awam akan biasa mempunyai kepandaian logika sekadar sebagai hukum kodrati manusia sehingga apabila dihadapkan pada penalaran yang sulit, akan mengalami kesesatan dalam berpikir.

c. Fudyartanta

Logika adalah ilmu yang mempelajari secara mendalam tentang kebenaran berpikir. Dengan kata lain, logika adalah ilmu radikal tentang berpikir yang benar, supaya hasilnya benar. Dengan mempelajari dan mempergunakan logika sebagai ilmu filsafat berpikir, kita akan menemukan metode berpikir dengan berbagai rumusan dan bahan-bahan yang dipikirkan.

d. Nuril Huda

Logika adalah ilmu yang mempelajari dan merumuskan kaidah-kaidah dan hukum-hukum sebagai pegangan untuk berpikir tepat dan prakti bagi mencapai kesimpulan yang valid dan pemecahan persoalan yang bijaksana.

e. Ir. Poedjawijatna

Logika adalah filsafat budi (manusia) yang mempelajari teknik berpikir untuk mengetahui bagaimana manusia berpikir dengan semestinya.

f. A.B. Hutabarat 

A.B. Hutabarat dalam bukunya Logika (1967),yang merupakan terjemahan bebas dari karya A. Vloemans dan Regis Jolivet mendefinisikan, logika adalah ilmu berpikir yang tepat dan sekadar dapat menunjukkan adanya kekeliruan di dalam rantai proses pemikiran sehingga kekeliruan itu dapat dielakkan, maka hakikat dari logika dapat pula disebut teknik berpikir.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...