Search This Blog

Permasalahan Yang Terjadi Pada Lingkungan Hidup

Hasil gambar untuk Permasalahan Yang Terjadi Pada Lingkungan Hidup

Apa yang akan terjadi jika lingkungan hidup di sekitar kita rusak?

Tentunya kehidupan kita pun akan terganggu sebab ekosistem menjadi tidak seimbang. Berbagai kerusakan alam akibat interaksi manusia dengan alam yang merugikan sudah banyak kita temui. Mulai dari kebakaran hutan, banjir, pencemaran udara, tanah longsor, pencemaran perairan dan masih banyak lagi.

Kerusakan-kerusakan tersebut tidak hanya menimbulkan kerugain bagi manusia. Makhluk hidup lainnya seperti hewan dan tumbuhan pun turut menderita akibat habitat tempat tinggalnya mulai rusak.

Contohnya saja, habitat gajah di wilayah Sumatera yang semakin sempit karena dijadikan perkebunan kelapa sawit telah membuat gajah-gajah yang tinggal di wilayah tersebut pergi mencari tempat lain untuk mencari makan. Tak jarang gajah-gajah tersebut masuk ke wilayah tempat tinggal manusia dan menimbulkan kegaduhan di dalamnya. Manusia yang merasa terancam dengan kedatangan kawanan gajah itupun tidak segan-segan untuk melakukan tindakan yang dapat menghilangkan nyawa gajah-gajah tersebut. Akibatnya, populasi gajah yang sudah langka, menjadi semakin langka akibat tindakan tersebut.

Berbagai usaha telah banyak dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran manusia akan bahaya kerusakan lingkungan.

Masalah lingkungan hidup sudah banyak dibahas di berbagai kesempatan, salah satunya pada setiap peringatan hari lingkungan hidup sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Juni. Para aktivis lingkungan hidup sering menyuarakan pentingnya menjaga ekosistem alam agar setiap komponen yang terdapat di dalamnya dapat hidup dengan damai.

Sebagai pemeran utama dalam kehidupan di muka bumi, kita sebagai manusia wajib melakukan usaha apapun untuk menjaga fungsi dan kondisi seluruh komponen dalam lingkungan hidup dari segalam macam kerusakan. Kita tidak akan bisa membayangkan apa yang akan terjadi jika lingkungan hidup semakin rusak.

Oleh karenanya, kesadaran untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan harus dimulai dari diri kita sendiri. Salah satu cara mudah yang dapat kita lakukan untuk merawat lingkungan hidup dalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar dan menghemat penggunaan energi.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...