Search This Blog

Hindari 10 Makanan Ini Jika Anda Darah Tinggi

Hasil gambar untuk Hindari 10 Makanan Ini Jika Anda Darah Tinggi

Hampir setengah dari populasi manusia saat ini menderita hipertensi. Gejala tekanan darah tinggi bisa terjadi pada pria maupun wanita, dan tidak memandang usia. Umumnya, hasil diagnosis menyatakan, hipertensi dibawa dari satu orang ke orang lain dengan cara turun-temurun.

Tetapi jangan salah, orang-orang yang mengalami tekanan terlalu tinggi atau menderita serangan panik dan kecemasan juga bisa menjadi korban tekanan darah tinggi. Jadi, Anda patut waspada dan berhati-hati.

Hipertensi bisa menjadi mematikan dan bisa menjadi penyebab dari beberapa penyakit, seperti serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Hal ini dapat memperburuk kondisi kesehatan, bahkan menyebabkan kelumpuhan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda memiliki kebiasaan makan yang sehat untuk mengendalikan tekanan darah. Hasil penelitian mengungkapkan, ada sejumlah makanan yang dapat meningkatkan tekanan darah dan dapat merugikan kesehatan Anda. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari penderita hipertensi.

1. Makanan asin

Batasi konsumsi garam jika Anda menderita tekanan darah tinggi. Sodium dapat memengaruhi ginjal, jantung, arteri, dan otak jika Anda menderita tekanan darah tinggi. Batas konsumsi garam adalah kurang dari 2,3 gram sehari. Asupan garam langsung atau dalam makanan yang mengandung sodium dalam jumlah tinggi akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2. Makanan kaleng

Kebanyakan makanan kalengan mengandung garam dalam jumlah tinggi. Oleh karena itu, disarankan lebih baik untuk membuat makanan buatan sendiri. 

3. Makanan olahan

Makanan olahan seperti sosis siap saji, nugget, atau kentang goreng mengandung sodium tingkat tinggi untuk pengawetan. Jadi, lebih baik membeli produk segar di pasaran, daripada mengonsumsi produk beku yang bisa meningkatkan kadar tekanan darah.

4. Makanan manis

Di pasaran, ada beragam produk yang mengandung gula dalam jumlah tinggi. Konsumsi gula berlebih menyebabkan kenaikan berat badan bahkan obesitas. Bagi penderita hipertensi, obesitas menjadi salah satu alasan peningkatan tekanan darah di tubuh.

5. Minuman ringan

Konsumsi minuman ringan berkepanjangan menyebabkan obesitas dan dapat meningkatkan tekanan darah. Mulai sekarang, batasi konsumsi minuman ringan Anda dan ganti dengan jus buah segar tanpa gula agar kesehatan Anda membaik.

6. Kue kering

Meski enak, makanan ini berbahaya bagi penderita hipertensi. Ya, makanan tersebut mengandung gula dalam jumlah tinggi yang menyebabkan kenaikan berat badan. Dan obesitas dapat meningkatkan tekanan darah. 

7. Alkohol

Jumlah gula yang terkandung di dalam alkohol bisa menaikkan tingkat tekanan darah Anda. Alkohol dapat menyebabkan gagal ginjal, berisiko jantung, dan penambahan berat badan. Jika digabungkan, hal tersebut dapat menginduksi tingkat tekanan darah dan tentu saja berbahaya bagi kesehatan.

8. Tembakau

Tembakau merupakan penyebab utama kanker, disfungsi paru-paru, dan lain-lain. Selain itu, mengonsumsi tembakau atau merokok meningkatkan tekanan darah karena mempersempit lapisan dinding arteri. Perokok aktif dan pasif sama-sama menyebabkan tekanan darah meningkat, yang berdampak buruk pada kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya berhentilah merokok.

9. Kafein

Minum secangkir kopi hangat di pagi hari memang sangat asyik untuk memulai pagi, namun peningkatan kadar kafein yang dikonsumsi dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. Untuk itu, batasi konsumsi kafein hingga dua kali seminggu.

10. Asinan

Meski lezat, kadar sodium yang tinggi dalam makanan ini bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah. Karena itu, pilih asinan yang mengandung sodium rendah di dalamnya.

Sumber: Boldsky

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...