Search This Blog

Obat Maag Akut dan Kronis

Hasil gambar untuk Maag
Ilustrasi Sakit Maag

Pengertian Penyakit Maag
Penyakit maag adalah penyakit yang disebabkan oleh karena adanya luka atau peradangan pada sekitar area lambung, biasanya penyakit lambung disertai rasa sakit disekitar perut bagian atas. Penyakit maag bisa disebut juga penyakit tukak lambung dan mempunyai nama latin yaitu grastistis.

Maag bisa dikatan bukan penyakit, namun maag adalah kondisi dimana terjadi  peradangan pada lambung yang akan menyebabkan penyakit yaitu asam lambung. Meski semua orang memiliki lambung namun artinya tidak semua orang terkena penyakit lambung.

Maag bukan suatu penyakit? Maag juga dapat dikatakan karena adanya zat asing dari luar yang kan menimbulkan suatu penyakit. Jadi maag juga dikatan sebagai gejala dari adanya penyakit lain dalam tubuh seseorang.

Maag digolongkan menjadi dua bagian yaitu maag akut dan maag kronis. Apa itu maag akut dan maag kronis? Kita simak dibawah ini :

1. Maag Akut

Maag Akut merupakan maag yang terjadi hanya seketika dikarenakan adanya peradangan atau impalamsi yang disebabkan oleh adanya zat asing dari luar, maag akut juga bisa terjadi tidak dikarena oleh sebab atau keadaan tertentu.

2. Maag Kronis

Sedangkan maag kronis merupakan keadaan maag yang sudah parah dan terjadi dalam jangka waktu yang lama dimana penyakit maag kronis perlu penanganan yang khusus harus diwaspadai karena maag ini sangat berbahaya, mengancam keselamatan tubuh, terjadi komplikasi dan bisa berhujung dengan kematian.

Gejala Penyakit Maag

Gejala umum yang sering ditimbulkan oleh penyakit maag biasasnya seperti mual, pusing, demam, sakit dibagian perut, dan kurang nafsu makan, pucat dan lemas.

Gejala yang dikeluhkan oleh penderita penyakit maag akut kurang lebih sama dengan gejala-gejala yang ditimbulkan dengan penyakit maag secara umum. Namun, beda halnya dengan gejala penyakit kronis selain yang telah disebutkan diatas penyakit kronis mempunyai gejala-gejala yang kurang wajar contohnya seperti mual-mual dalam waktu yang sangat sering, adanya luka pada dinding lambung, terjadinya muntah yang disertai darah, rasa nyeri yang hebat pada ulu hati, pusing berlebih sehingga kepala menjadi berat, kehilangan nafsu makan, biasanya penderita maag kronis terlihat sangat pucat, lemas, gampang kecapean sehingga mudah kambuh dibandingkan dengan penderita penyakit akut.


Penyebab Penyakit Maag

Faktor penyebab penyakit maag yang sering terjadi biasanya berasal dari pola hidup yang tidak teratur tetapi selain itu juga terdapat beberapa faktor lain diantaranya :

  1. Waktu makan yang telat, terutama saat sarapan dipagi hari.
  2. Makan makanan/minuman yang asam
  3. Makan makanan yang pedas
  4. Adanya serangan bakteri Helicobacteri Pylori Pada lambung yang menyebabkan infeksi
  5. Sering mengkonsumsi Caffein


Makanan Yang Baik Untuk Penyakit Maag

Makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita penyakit maag yaitu yang tinggi akan karbohidrat, protein, yang mengandung antioksidan, dan sebagainya. Akan tetapi penderita penyakit maag tidak disarankan mengkonsumsi makanan yang lemaknya berlebihan.

Diantaranya makanan yang dapat dikonsumsi untuk penyakit maag selain nasi adalah roti gandum, kentang, oatsmeal, daging yang diolah melalui proses pemangganggan atau pengukusan dan disarankan tanpa kulit, brokoli, kembang kol, wortel, timun, pisang, melon, apel, semangka, pir, lidah buaya, kunyit, dan  jahe.


Pantangan Makanan Untuk Penyakit Maag

Sebagaimana tadi telah disampaikan tentang makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit maag, ada juga makanan pantangannya untuk penderita maag. Banyak sekali makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag sangat antara lain seperti alkohol, caffein, cuka, buah jeruk maupun lemon, cabai, buah tomat, buah nanas, buah mangga muda, tape, gorengan jeroan, bawang merah, bawang putih, dan lain sebagainya.


Bahaya Penyakit Maag

Maag tentunya sangat berbahaya apabila tidak segera diobati, untuk itu lambung anda jangan dibiarkan. Maag apabila sudah menjadi kronis dapat menjadi penyakit komplikasi, dan bisa juga menjadi tumor/kanker.

Maag yang parah/kronis dapat menimbulkan luka pada bagian dinding lambung, apabila luka tersebut dibiarkan dapat menjadi tumor dan tindakan yang dilakukan oleh para medis biasanya dengan cara melakukan pembedahan untuk mengangkat tumor tersebut, dan apabila tumor tersebut tidak segera ditangani maka akan terjadi perkembangan tumor yang disebut kanker. Perlu kalian ingat apabila maag sudah terjadi pada tahap ini akan sulit terobati dan yang tadinya penyakit ringan menjadi penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan.


Cara Mengobati Penyakit Maag

Harus kalian ingat apabila kalian mengkonsumsi obat-obatan kimia yang kalian beli di Apotek Maupun di warung, tanpa disadari dapat menimbulkan beberapa efek samping contoh bila kalian mengkonsumsi obat golongan antasida yang komposisinya yaitu Magnesium dapat menimbulkan efek diare namun efek diare tersebut dapat hilang karena adanya Alumunium yang terkandung dalam obat tersebut. Tetapi jangan dulu mikir efek sampingnya hilang karena Alumunium; 

juga dapat menimbulkan efek samping yaitu sembelit.

Selain itu juga masih banyak beberapa efek samping dari obat-obat maag diantaranya dapat mempengaruhi sistem pencernaan, gangguan fungsi ginjal, pusing, ruam pada kulit, dan encefalopatia.

Setelah kita bahas penyakit maag diatas tentu saja dapat menjadi ilmu untuk kita semua, oleh karena itu kita jangan menyepelekan  penyakit maag.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...