Search This Blog

5 Tanda Anda Menderita Kolesterol Tinggi


Hasil gambar untuk 5 Tanda Anda Menderita Kolesterol Tinggi

Anda mungkin pernah mendengar tentang bahaya kolesterol. Tetapi tahukah Anda, kolesterol merupakan zat mirip lemak di setiap sel tubuh dan darah kita juga. Ini diproduksi oleh organ hati dan diperoleh melalui makanan, dan sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan.

Pertama, kolesterol membantu dalam pembentukan selaput sel dan pembentukan hormon adrenal. Tanpa kolesterol, kita tidak bisa mensintesis vitamin D, yaitu nutrisi yang penting bagi tulang kita serta banyak fungsi tubuh.

Namun, jika Anda membiarkan kolesterol menumpuk di tubuh, ini bisa menimbulkan konsekuensi tak terduga pada kesehatan Anda. Risiko yang bisa ditimbulkan yaitu, aterosklerosis, kondisi kardiovaskular mematikan yang seringkali berakibat fatal.

Ada banyak faktor yang dapat meningkatkan risiko akumulasi kolesterol, termasuk penyakit hati, diabetes, masalah tiroid, dan genetika. Apapun alasannya, Anda harus menurunkan kadar kolesterol sesegera mungkin. 

Pemeriksaan rutin merupakan cara terbaik untuk menjaga tingkat kolesterol Anda tetap stabil. Para ahli merekomendasikan pemeriksaan kadar kolesterol LDL, HDL, dan trigliserida. Melakukan beberapa perubahan gaya hidup dan diet, juga mampu menjaga kadar kolesterol Anda. 

Mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi juga sangat penting dan bisa memberi tahu Anda jika Anda perlu melakukan tindakan. Berikut lima tanda utama jika Anda menderita kolesterol tinggi.

Warna kekuningan di kelopak mata

Jika bagian dalam kelopak mata Anda tiba-tiba berubah kekuningan, Anda mungkin menderita kolesterol tinggi. Dalam kasus ini, kami menyarankan untuk memeriksakan diri ke dokter sampai ke akar masalahnya sebelum terlambat.

Kesemutan di tungkai

Jika lengan dan kaki Anda sering kesemutan, Anda perlu memeriksa kadar kolesterol Anda. Ketika pembuluh darah Anda terhalang oleh kolesterol, saraf perifer tidak mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan, sehingga terjadi kesemutan.

Sakit di bagian belakang kepala dan leher

Begitu kolesterol menghalangi arteri Anda, hal ini akan menghalangi sirkulasi Anda. Gangguan sirkulasi di leher dan punggung akan menyebabkan nyeri bahu, leher, dan punggung. Para ahli mengatakan, seringnya sakit kepala mendadak bisa menjadi pertanda kadar kolesterol tinggi dan harus diperiksa oleh dokter.

Jantung berdebar kencang

Jika Anda mengalaminya setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik, itu adalah hal normal dan tidak berbahaya. Tapi, jika Anda mengalaminya secara tiba-tiba, Anda harus waspada. Ini bisa menjadi pertanda kolesterol tinggi dan masalah kardiovaskular serius. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksakannya ke dokter.

Gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang buruk

Mengonsumsi banyak makanan yang tidak sehat, merokok, dan minum alkohol, merupakan tiga faktor besar penyebab kolesterol tinggi. 


Sumber: Healthy Life Vision

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...