Search This Blog

ETIKA Antroposentrisme

Hasil gambar untuk ETIKA Antroposentrisme
Dalam etika lingkungan anda pasti pernah mendengan Antroposentrime, berikut penjelasannya.

Antroposentrime merupakan paham yang bahwa hanya manusia yang memiliki nilai intrinsik sedangkan komponen-komponen lainnya baik yang hidup dan tak hidup atau ekosistem hanya memiliki nilai instrumental (Froderman, et al.,2009). Hal ini berarti ekosistem yang berada di luar manusia hanya berfungsi sebagai alat bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Antroposentris ini memahami bahwa alam merupakan sumber hidup manusia memiliki beberapa nilai pokok diantaranya:

a. manusia terpisah dari alam,
b. mengutamakan hak-hak manusia atas alam tetapi tidak menekankan tanggung jawab manusia.
c. mengutamakan perasaan manusia sebagai pusat keprihatinannya
d. kebijakan dan manajemen sunber daya alam untuk kepentingan manusia
e. norma utama adalah untung rugi.
f. mengutamakan rencana jangka pendek.
g. pemecahan krisis ekologis melalui pengaturan jumlah penduduk khususnya dinegara miskin
h. menerima secara positif pertumbuhan ekonomi

Manusia sebagai pengelola alam semesta ini secara langsung atau tidak langsung akan melakukan perlindungan terhadap ekosistem karena kehidupan mereka bergantung pada ekosistem tersebut. Namun pada konsep ini perlindungan ekosistem sering dikalahkan oleh kepentingan manusia yang ingin memanfaatkan sumber daya yang ada di ekosistem. Antroposentrisme cenderung menghasilkan kegiatan eksploitatif yang dilakukan oleh manusia sehingga memperbesar terjadinya kerusakan lingkungan.

Antoposentrisme merupakan alasan lahirnya biosentrisme, ekosentrisme, dan ekofeminisme yang timbul akibat adanya kekecewaan terhadap antroposentrisme yang cenderung merusak lingkungan. Ketiga paham tersebut merupakan bukti nyata bahwa masih ada manusia yang memiliki niat baik untuk melakukan konservasi lingkungan.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...