Search This Blog

Melestarikan Kesuburan Tanah

Kesuburan Tanah adalah kemampuan suatu tanah untuk menghasilkan produk tanaman yang diinginkan. Tanah memiliki kesuburan yang berbeda-beda tergantung sejumlah faktor pembentuk tanah yang merajai di lokasi tersebut, yaitu: Bahan induk, Iklim, Relief, Organisme, atau Waktu.

Negara kita memiliki sumber daya berupa tanah yang subur, bahkan Indonesia terkenal dengan negara agraris karena sebagian besar penduduknya bercocok tanam. Unsur hara yang berada dalam tanah yang subur lama kelamaan akan habis sehingga tanah menjadi tandus. Tanah yang tandus akan sulit digunakan untuk bercocok tanam lagi.

Hasil gambar untuk sawh di pegunungan

Untuk menghindari hal itu, kita harus melestarikan kesuburan tanah. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan kesuburan tanah yakni memupuk tanah mengunakan pupuk organik, mendaur ulang sampah plastik dan dapat pula dilakukan rekayasa lahan pada lahan tandus. Di bawah ini adalah penjabaran masing- masing cara melestarikan kesuburan tanah;

1. Cara yang pertama yakni memupuk tanah – Tujuan dari memupuk tanah ini tentu saja untuk menyuburkan tanah agar selalu dapat digunakan untuk bercocok tanam. Dengan memberikan pupuk pada tanah maka unsur hara di dalam tanah tidak akan cepat habis. Akan lebih baik jika menggunakan pupuk organik dari pada pupuk anorganik. Hal ini dikarenakan penggunaan pupuk anorganik secara berlebihan dapat menyebabkan pencemaran.

2. Cara yang kedua adalah mendaur ulang sampah plastik – Kegiatan ini perlu dilakukan karena sampah plastik menjadi salah satu penyebab utama pencemaran tanah. Seperti yang kita ketahui bahwa sampah plastik ini sangat sulit untuk diuraikan karena tidak bisa membusuk secara alami. Berbeda dengan sampah organik seperti daun daunan kering yang bisa terurai secara alami sehingga dapat dijadikan kompos yang juga bermanfaat untuk kesuburan tanah.

3. Cara yang ketiga yaitu mengelola lahan yang tandus – Lahan yang tandus tidak bisa dibiarkan begitu saja. Meski sulit digunakan untuk bercocok tanam karena tidak adanya unsur hara di dalam tanah, tetapi masih ada jenis- jenis pohon yang bisa ditanam di lahan tandus. Hal ini lebih baik dari pada membiarkan lahan tandus ditumbuhi ilalang. Pohon- pohon yang tumbuh dilahan tandus nantinya dapat membantu kesuburan lahan tersebut. Ketika daun- daun dari pohon mengering dan berjatuhan di tanah, maka lama kelamaan daun akan membusuk dan menjadi pupuk alami bagi tanah.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...