Search This Blog

Pengertian Efek Rumah Kaca


Hasil gambar untuk Pengertian Efek Rumah Kaca

Pengertian efek rumah kaca adalah proses meningkatnya suhu permukaan Bumi yang disebabkan oleh perubahan pada kondisi dan komposisi atmosfer sehingga panas dari matahari tetap berada di Bumi dan tidak bisa dipantulkan secara sempurna keluar atmosfer.

Fenomena alam yang pertama kali dikenalkan oleh Joseph Fourier di tahun 1824 sebenarnya merupakan peristiwa yang wajar terjadi. Keberadaan efek rumah kaca atau dikenal juga dengan green house effect justru sangat dibutuhkan.


Tanpanya, bumi bisa membeku dan dipenuhi dengan es.

Permasalahannya ialah ketika fenomena alamiah ini berjalan terlalu cepat dan diakibatkan oleh ulah manusia itu sendiri, sehingga mengakibatkan banyak hal buruk yang mengancam kehidupan manusia di muka bumi, seperti pemanasan global, bencana, dan sebagainya. Itulah mengapa sejumlah pakar dan lembaga terkait menyerukan penduduk bumi untuk introspeksi diri dan melakukan perbaikan segera.

Beberapa pengertian Efek Rumah Kaca diantaranya:

Asosiasi Energi New Mexico, Amerika Serikat, Efek rumah kaca merupakan kejadian dimana panas di Bumi terperangkap karena terhalang oles gas emisi seperti karbon dioksida pada atmosfer. Gas emisi tersebut kebanyakan berasal dari asap kendaraan dan pabrik serta kebakaran hutan.

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, Efek rumah kaca ialah proses meningkatnya suhu rata-rata permukaan Bumi karena lapisan atmosfer Bumi yang kian menipis bahkan bocor. Hal ini menjadikan cuaca di Bumi semakin panas karena sinar matahari tidak lagi terhalang oleh lapisan atmosfer

Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam, Efek rumah kaca adalah krisis lingkungan dan kemanusiaan yang sedang terjadi di Bumi. Suhu permukaan Bumi kian meningkat akibat terperangkap oleh gas karbon dioksida yang semakin banyak dari hari ke hari, dan menjadikan Bumi semakin panas dan rawan akan bencana.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...