Search This Blog

Upaya Penanggulangan Dampak Pemanasan Global

Hasil gambar untuk Permasalahan Yang Terjadi Pada Lingkungan Hidup

Meskipun akibat pemanasan global yang kita alami semakin parah dari hari ke hari, kita masih punya waktu untuk mengurangi dampak tersebut. Lantas, hal apa saja yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi dampak pemanasan global?

Membatasi Penggunaan Energi

Penggunaan energi yang berlebihan menyumbang produksi gas karbon dioksida yang menyebabkan pemanasan global. Hal yang dapat kita lakukan untuk membatasi penggunaan energi yang berlebihan adalah dengan mencari sumber energi alternatif yang dapat kita peroleh dari tenaga matahari, air, atau angin. Jika kita dihadapkan pada situasi atau kebutuhan yang melibatkan penggunaan energi fosil, kita harus mampu menggunakannya dengan bijak dan efisien.

Salah satu contoh mudah untuk menghemat penggunaan energi adalah dengan menghemat penggunaan listrik setiap harinya. Matikan listrik saat siang hari atau ketika sedang tidak digunakan, gunakan lampu hemat energi, dan kurangi pemakaian pendingin ruangan yang menghasilkan gas CFC (Chlorofluorocarbon).

Penghijauan

Pepohonan memiliki peran dalam mengurangi kadar karbon dioksida di permukaan bumi. Itulah sebabnya kita dianjurkan untuk melakukan penanaman tanaman hijau di sekitar tempat tinggal kita.

Lingkungan yang memiliki jumlah tanaman hijau yang banyak akan mampu mengikat karbon dioksida dengan baik namun, selain melakukan penanaman, kita juga dianjukan untuk selalu merawat tanaman agar tanaman tersebut dapat hidup dalam waktu yang lama dan melaksanakan tugasnya dengan dengan maksimal.

Galakkan Program 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)

Mengurangi volume sampah juga dapat berpengaruh dalam mengurangi dampak pemanasan global. Salah satu cara paling mudah adalah dengan mengurangi penggunaan benda-benda berbahan plastik seperti kantong plastik, dan botol minuman yang sulit diuraikan dalam tanah. Gunakan tas berbahan kain untuk berbelanja sebab selain lebih praktis, juga ramah lingkungan sebab dapat digunakan berkali-kali.

Mendaur ulang barang-barang yang terbuat dari bahan yang sulit terurai menjadi benda yang memiliki nilai guna tinggi juga merupakan ide yang bagus, sebab selain kita turut berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global, benda-benda tersebut juga dapat mendatangkan keuntungan ekonomis.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...