Search This Blog

Pengertian & Penyebab Pemanasan Global

Hasil gambar untuk pemanasan global

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemanasan berarti proses, cara, perbuatan memanasi atau memanaskan. Sedangkanglobal berarti bersangkut paut, mengenai, meliputi seluruh dunia.Jadi, pemanasan global yaitu proses menaiknya suhu rata-rata bumi.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat, pemanasan global adalah peningkatan suhu rata-rata di permukaan bumi, baik yang telah berlalu dan yang terjadi padasaat ini.

Menurut National Wildlife Federation,pemanasan globaladalah peristiwa dimana bumi semakin hari panas demi hari,semakin banyak hujan lebat dan banjir, badai yang lebih intensdan kekeringan diperdalam. Peristiwa merupakan dampak nyatayang terjadi sebagai akibat dari pemanasan global di bumi.Pemanasan global juga mengubah lanskap kehidupan di bumi danmematikan banyak spesies. dan masih banyak lagi pengertian lainnya.

Nilai-nilai kehidupan manusia pun mengalami perubahan, terutamadalam interaksi manusia dengan lingkungannya. Perubahan-perubahanyang terjadi ini menghasilkan dampak positi! maupun negati!. Salah satudampak revolusi industri yang telah terjadi dan masih terus berlanjut padamasa sekarang dalam kehidupan dan peradaban manusia adalahdampaknya bagi lingkungan yang ada di sekitar manusia itu sendiri."kspansi usaha yang dilakukan oleh para pelaku industri seperti pembangunan pabrik-pabrik dan pembuatan produksi dengan kapasitas besar dengan mengesampingkan perhatian terhadap dampaknya bagilingkungan secara perlahan namun pasti telah mengakibatkan kelalaianyang pada akhirnya akan merugikan lingkungan tempat tinggal manusiadan kehidupannya.

Para ahli ilmiah percaya perubahan iklim seperti pemanasan globaltelah terjadi sepanjang sejarah bumi dan akan terus terjadi di masa depan.

Selama satu abad terakhir, suhu rata-rata permukaan bumi telah menunjukkan peningkatan sebesar 0,6 derajat celsius. Meski dapat dibilang kecil, peningkatan suhu tersebut berpengaruh pada kehidupan makhluk hidup dan kondisi alam di bumi.

Gejala pemanasan global atau global warming yang mulai kita rasakan saat ini di antaranya adalah pergantian musim yang semakin sulit diprediksi, es di kutub yang mulai mencair, serta bencana alam yang semakin sering menghampiri.

Penyebab Pemanasan Global;

1. Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca merupakan salah satu penyumbang terbesar meningkatnya suhu udara di permukaan bumi

Istilah efek rumah kaca merujuk pada proses pemantulan radiasi ke permukaan bumi karena terperangkap gas-gas atmosfer sehingga tidak dapat diteruskan ke luar angkasa.

Sebenarnya efek rumah kaca juga memiliki manfaat bagi keberlangsungan hidup makhluk di bumi, seperti berkurangnya perbedaan suhu pada siang hari dan malam hari Tetapi jika berlebihan, efek rumah kaca justru akan mengakibatkan bencana bagi bumi karena dapat mempengaruhi iklim.

Salah satu gas yang membuat lapisan ozon semakin menipis adalah gas CO2 atau karbon dioksida

2. Polusi Kendaraan

Sisa pembuangan gas pada kendaraan bermesin juga merupakan penyebab pemanasan global. Polusi dari kendaraan bermesin seperti motor dan mobil menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah berlebih.

Karbon dioksida memiliki sifat yang dapat mencegah penguraian panas sehingga panas tersebut tidak dapat diteruskan ke luar angkasa. Akibatnya, panas dari sisa pembuangan kendaraan tersebut mengumpul di atmosfer bumi.

3. Perusakan Hutan

Hutan dengan segala jenis pepohonan yang terdapat di dalamnya sangat berperan penting dalam menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Namun, yang terjadi saat ini, hutan semakin rusak akibat adanya penebangan ilegal demi kegiatan industri.

Akibat semakin menipisnya jumlah hutan hijau, karbon dioksida pun tidak dapat terserap dan justru akan semakin terkumpul di lapisan atmosfer yang menyebabkan pemanasan global.

4. Folusi Gas Metana

Gas metana berasal dari bahan-bahan organik yang tidak mendapat asupan oksigen yang memadai akibat hasil pemecahan bakteri pada aktivitas perkebunan, pertanian, dan peternakan, seperti yang terdapat pada usus hewan ternak.

Semakin meningkatnya aktivitas peternakan dan pertanian, maka dapat dipastikan produksi gas metana pun akan terus meningkat.

5. Pemborosan Energi Listrik

Listrik yang kita gunakan setiap harinya merupakan hasil pembakaran minyak bumi dan batu bara. Hasil pembakaran tersebut adalah gas karbon dioksida yang merupakan penyebab pemanasan global.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...