Search This Blog

Efek Rumah Kaca pada Kehidupan di Bumi

Hasil gambar untuk Efek Rumah Kaca pada Kehidupan di Bumi

Berdasarkan perhitungan simulasi, efek rumah kaca sudah meningkatkan suhu rata-rata bumi sekitar 1-5°C. Bila tidak ada upaya perbaikan, akan terjadi peningkatan pemanasan global antara 1,5-4,5°C di tahun 2030 nanti.

Kondisi bumi yang semakin panas adalah pemicu dari perubahan iklim yang terjadi secara ekstrem dan mengancam kehidupan makhluk hidup di dalamnya.

Perubahan iklim yang ekstrem akan mengganggu ekosistem bumi dan membuat pola musim semakin suit diperkirakan.

Dampak nyata yang banyak dibahas ialah berkurangnya kemampuan hutan menyerap CO2, serta mencairnya es yang mengakibatkan peningkatan volume air laut yang berisiko menenggelamkan daratan.

Sedangkan dampak yang bisa kita rasakan langsung ialah bencana alam seperti banjir dan longsor pada kawasan yang mengalami peningkatan intensitas curah hujan. Sementara di kawasan lainnya terjadi kekeringan panjang dan panas ekstrem yang membunuh karena turunnya kelembaban.

Sekarang, dampak tersebut telah meluas ke sejumlah sektor kehidupan. Beberapa di antaranya dijelaskan dalam makalah efek rumah kaca seperti:

1. Dampak Lingkungan

Ketika iklim mengganggu ekosistem, ancaman terbesar ialah hilang atau punahnya berbagai jenis makhluk hidup. Iklim yang tak seimbang pada lingkungan dapat memicu terjadinya berbagai macam bencana alam.

Dalam beberapa studi, para peneliti memprakirakan bahwa 15-37% dari seluruh spesies di bumi akan punah di 2050, karena dampak efek rumah kaca.

Termasuk kasus langkanya air bersih yang sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu. Ketersediaan air bersih terus berkurang, utamanya di daerah tropik kering yang disebabkan oleh kemarau panjang dan intrusi air laut ke daratan.

2. Risiko Kesehatan

Iklim dan cuaca yang ekstrem akan mengembangkan penyakit lama dan mempercepat penyebaran penyakit baru. Penyakit seperti diare, malaria, dan demam berdarah akan berkembang dan meningkat, khususnya di daerah tropis.

Badan kesehatan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meprakirakan efek rumah kaca menyebabkan kematian sebanyak 150 ribu jiwa setiap tahun.

3. Gangguan Perekonomian

Kebutuhan pokok manusia seperti pangan juga akan terancam akibat efek rumah kaca.

Iklim yang tak menentu mempengaruhi jadwal panen dan jangka waktu penanaman. Belum lagi ancaman hilangnya lahan produktif akibat beragam bencana alam. Semua hal ini pastinya mengganggu sektor perekonomian. Mulai dari sisi produksi hingga distribusi.

itu beberapa contoh dampak yang sudah terjadi dan pasti akan terjadi, namun masih mungkin ada dampak lainnya

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...