Search This Blog

Tips memilihara lingkungan

Hasil gambar untuk memelihara lingkungan

Upaya yang bisa dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup tetap sehat adalah dengan cara :

1.Dengan menyediakan tempat sampah di sebuah lingkungan.  Dengan menyediakan tempat sampah akan membuat orang tidak ingin membuang sampah sembarangan.

2. Melakuan pengelompokan pada sampah penting dilakukan, dengan menyediakan tempat sampah sesuai dengan golongannya. Dengan begitu, proses pengolahan sampah akan lebih mudah dilakukan.

3. Memakai system pngolahan limbah yang baik untuk lingkungan dan rumah tangga. Hal ini dapat dilakukan dengan system pengolahan limbah atau SPAL pada limbah rumah tangga dan septitank untuk limbah kakus. SPAL dapat digunakan perorangan atau secara komunitas dalam satu lingkungan. Sedang kakus dapat memakai pengolahan bio organic untuk diolah menjadi bahan bakar alternative bagi sebuah lingkungan.

4. Melakukan penghijauan. Jika sebuah kampung tidak memiliki lahan untuk menanam tanaman, alternative lainnya adalah menanam tanaman dengan memakai system hidroponik. Hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa memakai media tanah, melainkan mengunakan media air. Hidroponik tidak memakai banyak tempat, dan dapat digantung di dinding- dinding sekitar kampung, sehingga kampung menjadi lebih asri

5. Melakukan pembersihan selokan di sekitar rumah. Selokan yang tidak bersih akan menjadi sarang dari hewan- hewan kotor. Selain itu, membersihkan selokan akan menghilangkan bau tidak sedap serta mencegah nyamuk untuk bersarang di genangan air yang ada di selokan. Selokan juga dapat dijadikan sebagai sarana penghijauan dengan menanam tanaman yang mampu menyerap zat pencemar. Tanaman tersebut dapat berupa bunga ungu, lidi air, futoy ruas, bunga coklat, malati air dan lidi air.

6. Menjadi konsumen yang bijak, dengan tidak banyak mengkonsumsi produk yang memakai kelapa sawit sebagai bahannya. Perkebunan kelapa sawit adalah salah satu factor berkurangnya hutan yang ada di bumi, akibat dari pemmembuka lahan perkebunan baru. oleh karena cari lah alternatif produk lain.

7. Menjaga kebersihan rumah. Lingkungan hidup tidak hanya berasal dari luar rumah. Lingkungan hidp sehat juga berawal dari rumah yang sehat. Rumah yang sehat adalah rumah memiliki siklus udara yang cukup, sinar matahari masuk tanpa terhalang. Selain itu kuraslah bak mandi agar tidak dipakai oleh nyamuk untuk bertelur.

8. Mengurangi pemakain kertas atau tissue yang berasal dari pohon. Kertas yang telah di pakai dapat di jual untuk di olah kembali menjadi kertas daur ulang

9. Memproses limbah pabrik dengan cara yang benar dan ramah lingkungan. Limbah pabrik yang mengandung zat kimia berbahaya akan mencemari tanah dan air jika tidak di olah terlebih dahulu.

10. Tidak memakai bom atau pukat harimau dalam menjaring ikan. Memakai teknik menangkap ikan yang ramah lingkungan akan menyebabkan ikan kecil memiliki waktu untuk berkembang, dan menghasilkan keturunan.
Melakukan penanaman terumbu karang serta penanaman hutan bakau di sekitar pinggir pantai untuk memperbaiki keseimbangan laut.

11. Melakukan penanaman kembali hutan yang telah gundul, serta melakukan tebang pilih pada pohon, sehingga pohon yang muda memiliki kesempatan untuk tumbuh.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...