Search This Blog

Melestarikan Udara Bersih

Hasil gambar untuk udara segar

Udara adalah sumber kehidupan makhluk hidup di dunia ini. Dengan adanya udara, manusia atau makhluk hidup lainnya dapat hidup dan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Secara fisiknya, udara tidak tampak terhadap pandangan kita, tidak berbau, dan tidak memiliki rasa. Kehadiran udara itu sendiri, dapat dilihat dari adanya angin yang menggerakkan suatu benda. 

Seperti fungsi utama bagi udara yakni sebagai pernafasan untuk makhluk hidup di dunia ini. Jika tidak adanya udara, maka makhluk hidup tidak akan bisa bernafas. Fungsi lainnya sebagai alat fotosintesis tumbuhan. Proses fotosintesis melibatkan manfaat dari matahari, klorofil dan juga manfaat udara untuk mensuplai nutrisi yang dibutuhkan bagi tanaman tersebut. Jika banyaknya tanaman yang tidak bisa melakukan fotosintesis, pastilah banyak tanaman yang akan mati.

Udara yang bersih bukan berarti tidak bisa tercemar. berbeda dengan udara pegunungan dan pedesaan, udara perkotaan sudah banyak tercemar. Beberapa penyebab pencemaran udara seperti; asap kendaraan, asap hasil pembakaran industri, asap pembakaran batu bara, asap rokok dan kebakaran hutan.

Hasil gambar untuk Menghirup udara bersih

Beberapa cara untuk melestarikan  udara agar tetap bersih dan terhindar dari pencemaran yaitu :

1. Menyaring asap hasil pembakaran proses industri. Jika asap yang dibuang melalui cerobong- cerobong milik industri tidak di filter, maka dapat menyebabkan terjadinya hujan asam. Hal ini dikarenakan asap industri mengandung gas- gas berbahaya.

2. Menghindari penggunaan bahan bakar batu bara dan mencari alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan.

3. Meminimalisir faktor- faktor penyebab kebakaran hutan. Asap yang dihasilkan oleh kebakaran hutan cukup berbahaya bagi kesehatan manusia.

4. Tidak menggunakan peralatan rumah tangga yang mengandung CFC. CFC tersebut dapat menjadi penyebab pemanasan global.

5. Meminimalisir penggunaan kendaraan motor pribadi dan membiasakan menggunakan transportasi umum atau berjalan kaki.

6. Menanam pohon di sekitar tempat tinggal dan di tepi- tepi jalan raya, terutama pohon yang banyak menyerap gas karbondioksida.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...