Search This Blog

Etika berinternet

"Penting Atau Tidak?"

Hasil gambar untuk internet

Sebelum di bahas etika ber internet kenali dulu internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf ‘I’ besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

Atau dengan kata lain, definisi internet adalah jaringan besar yang saling berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan komputer-komputer diseluruh dunia, melalui telepon, satelit dan sistem-sistem komunikasi yang lain. Internet dibentuk oleh jutaan komputer yang terhubung bersama dari seluruh dunia, memberi jalan bagi informasi (mulai dari text, gambar, audio, video, dan lainnya ) untuk dapat dikirim dan dinikmati bersama. Untuk dapat bertukar informasi, digunakan protocol standar yaitu Transmision Control Protocol dan internet Protocol yang lebih dikenal sebagai TCP/IP.

baik kita akan masuk pada pembahasan singkat mengenai etika-etika dalam berinternet. Orang-orang tersebut tentulah merupakan orang-orang yang dapat memanfaatkan media sosial  menjadi sebuah wadah efektif yang dapat menampung aspirasi dan menyalurkan hak kita untuk mengeuarkan pendapat.

Etika berinternet sangat diperlukan untuk mengendalikan manusia dalam mengeluarkan suaranya di dunia maya. Etika berinternet sangatlah penting, agar dalam menjelajah dunia maya, kita tidak melakukan sesuatu yang melanggar tanggung jawab kita sebagai manusia untuk saling menghormati satu sama lain.

pertanyaannya adalah Penting atau Tidak?

Hasil gambar untuk internet
Jawabannya sederhana, "kesadaran". Kita sebagai manusia yang diberi hak untuk menyuarakan pendapat kita, tentu haruslah sadar jika dibalik sebuah hak, ada sebuah tanggung jawab yang harus diemban. Salah satu tanggung jawab yang harus dipenuhi sebagai manusia adalah saling menghormati antar sesama manusia. Untuk itu perlu kesadaran dari masing-masing orang akan pentingnya sebuah tanggung jawab dalam menghormati sesama. Untuk bersikap saling menghormati, tidak perlu tindakan yang berlebihan. Cukup dengan menjaga suara kita agar tidak menyinggung perasaan orang lain, tidak melakukan provokasi dan banyak hal ainnya yang bersifat negatif.

Jadi pada dasarnya, penggunaan sosial media tidaklah perlu dibatasi. Yang menjadi masalah disini bukaknlah penggunaan sosial media yang semakin marak, melainkan sikap kita sebagai manusia yang masih kurang beretika. Yang menjadi titik masalah disini bukanlah sosial media yang terlalu membebaskan kita untuk menyuarakan pendapat, melainkan masih rendahnya kesadaran kita sebagai manusia untuk melaksanakan tanggung jawab dalam menghormati satu sama lainnya. Sehingga, dalam hal ini, yang perlu pengendalian bukanlah pada penggunaan sosial medianya, melainkan sikap kita dalam memanfaatkan mediasosial. Dalam menggunkan sosial media, kita haruslah memperhatikan dan menerapkan aturan-aturan maupun etika-etika dalam berinternet.

Penerapan etika-etika tersebut sangatlah penting untuk menciptakan kenyamanan dan kedamaian dalam bersosial media. Jadi yang menjadi akar masalah dari berbagai tindak pelanggaran dalam bersosial media, bukanlah sosial medianya, melainkan silkap kita yang tak kunjung sadar akan pentingnya sebuah etika.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...