Search This Blog

Antropologi dan macam-macam jenis cabang turunan antropologi

Antropologi adalah suatu studi ilmu yang mempelajari tentang manusia baik dari segi budaya,perilaku,keanekaragaman,warna-warna dan lain sebagainya. Antropologi adalah istilah kata bahasa Yunani yang berasal dari kata anthropos dan logos. Anthropos yang berarti manusia dan logos yang memiliki arti cerita atau kata.

Antropologi adalah ilmu tentang manusia. Antropologi berasal dari kata Yunani ?????p?? (baca: anthropos) yang berarti "manusia" atau "orang", dan logos yang berarti "wacana" (dalam pengertian "bernalar", "berakal") atau secara etimologis antropologi berarti ilmu yang mempelajari manusia.(https://id.wikipedia.org)

Antropologi adalah ilmu tentang umat manusia yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya, dan untuk memperoleh pengertian ataupun pemahaman yang lengkap tentang keanekaragaman manusia (Haviland, 1999:7; Koentjaraningrat, 1987: 1-2).

Objek utama dari antropologi adalah manusia di dalam masyarakat suku bangsa,kebudayaan dan prilakunya.Ilmu pengetahuan antropologi memiliki tujuan untuk mempelajari manusia dalam bermasyarakat suku bangsa,berperilaku dan berkebudayaan untuk membangun masyarakat itu sendiri.

Macam-Macam jenis cabang disiplin ilmu anak turunan antropologi:

A. Antropologi Fisik

  1. Paleoantrologi adalah ilmu yang mempelajari asal usul manusia dan evolusi manusia dengan cara meneliti fosil-fosil.
  2. Somatologi adalah ilmu yang mempelajari keberagaman ras manusia dengan cara mengamati ciri-ciri fisik.

B. Antropologi Budaya

  1. Prehistori adalah ilmu yang mempelajari sejarah penyebaran dan perkembangan budaya manusia         mengenal tulisan.
  2. Etnolinguistik antrologi adalah ilmu yang mempelajari suku-suku bangsa yang ada di dunia/bumi.
  3. Etnologi adalah ilmu yang mempelajari asas kebudayaan manusia di dalam kehidupan masyarakat       suku bangsa di seluruh dunia.
  4. Etnopsikologi adalah ilmu yang mempelajari kepribadian bangsa serta peranan individu pada    bangsa dalam proses perubahan adat istiadat dan nilai universal dengan berpegang pada konsep psikologi.


Di samping itu ada pula cabang ilmu antropologi terapan dan antropologi spesialisasi. Antropology spesialisasi contohnya seperti antropologi politik, antropologi kesehatan, antropologi ekonomi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

BIDANG KAJIAN ANTROPOLOGI

 Sub-sub bidang kajian antropologi dapat dikategorisasi menurut dua cara yakni menurut masalah yang dipelajari (budaya dan fisikal) dan menurut kurung waktu terjadinya fenomena yang dipelajari (lampau dan sekarang). Sub-sub bidang kajian antropologi dan cabang ilmu yang mempelajarinya menurut Stanley Wahburn yaitu:

A. ANTROPOLOGI RAGAWI

Mempelajari tentang evolusi manusia dan hubungan dengan hewan lain, khususnya primat, pada hakikatnya lebih dekat kepada biologi dari pada ilmu sosial. Namun demikian, para ilmuan antropologi budaya tergantung pada informasi dari ilmuwan ragawi mengenai unsur-unsur biologis yang unik pada manusia yang esensial dalam pembentukan kebudayaan. Sebaliknya para ilmuwan antropologi ragawi juga sangat tertarik pada ras manusia. Mereka mempergunakan berbagai konsep budaya untuk klasifikasi ras manusia.

B. ANTROPOLOGI BUDAYA DAN SOSIAL

Antropologi budaya mempelajari keseluruhan kebudayaan termasuk perubahan, akulturasi dan difusi kebudayaan sebaliknya konsep kunci dalam antropologi sosial adalah struktur sosial, bukan kebudayaan. Antropologi budaya memfokuskan diri pada pelacakan sejarah dari unsur-unsur kebudayaan, sedangkan antropologi sosial memfokuskan pada pencarian hukum-hukum dan generalisasi tentang lembaga-lembaga sosial. Dengan ringkas dapat dikatakan bahwa antropologi budaya lebih bersifat deskriptif historik, sedangkan antropologi sosial lebih bersifat eksplanatori.

C. ANTROPOLOGI ETNOGRAFI, ETNOLOGI, LINGUISTIC

Adalah 3 sub-bidang antropologi yang sangat berdekatan satu dengan yang lainnya. Etnografi adalah sub-bidang antropologi yang mendeskripsikan secara akurat kebudayaan-kebudayaan yang masih hidup sekarang. Etnologi menaruh perhatian untuk membanding-bandingkan dan menjelaskan kesamaan dan perbedaan antar sistem kebudayaan. Linguistik dikhususkan untuk mendeskripsi dan menganalisis bahasa-bahasa yang dipergunakan dalam berbagai kebudayaan.

D. ANTROPOLOGI ARKEOLOGI DAN PRAHISTORI

Adalah sub-bidang antropologi yang berusaha merekonstruksi sejarah masyarakat yang tak punya sejarah tertulis dengan cara menggali artifact (objek yang berupa benda buatan manusia) dan unsur-unsur kebudayaan-kebudayaan lainnya.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...