Search This Blog

Definisi Antropologi Budaya

Edward Tylor adalah seorang antropolog Inggris di abad ke-19.
Dia menggambarkan budaya sebagai pemikiran dan perilaku manusia yang terbentuk oleh masyarakat.

Menurut March Swartz dan David K. Jordan;
definisi Antropologi Budaya adalah;
1. Asal muasal hidup manusia dari periode ke periode.
2. Perkembangan struktur fisik dan pengaruhnya terhadap lingkungan.
3. Bertugas untuk memahami manusia secara utuh.

Rifhi Siddiq- Antropologi merupakan sebuah ilmu yang mendalami semua aspek yang terdapat pada manusia yang terdiri atas berbagai macam konsepsi kebudayaan, ilmu pengetahuan, norma, seni, linguistik dan lambang, tradisi, teknologi, dan kelembagaan.

William A. Haviland-Antropologi merupakan studi tentang umat manusia, berusaha untuk membuat generalisasi yang berguna tentang orang-orang dan perilaku mereka dan untuk mendapatkan pemahaman yang lengkap dari keragaman manusia.
Ralfh L Beals dan Harry Hoijen

Antropologi merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang manusia dan juga semua apa yang dikerjakannya.

Darwin-Antropologi fisik yang berkembang secara pesat dengan melakukan sebuah penelitian-penelitian terhadap asal mula dan juga perkembangan manusia. Manusia yang asalnya adalah monyet, dikarenakan makhluk hidup yang mengalami evolusi. Antropologi ingin membuktikan dengan melakukan berbagai macam penelitian terhadap kera dan juga monyet di seluruh indonesia.

William A. Haviland-Antropologi ialah studi mengenai umat manusia, yang berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan juga perilakunya serta agar dapat memperoleh pengertian yang bisa lengkap mengenai keanekaragaman manusia.

David Hunter-Antropologi ialah ilmu yang lahir dari sebuah keingintahuan yang tidak terbatas mengenai umat manusia.

Koentjaraningrat-Antropologi ialah sebuah ilmu yang mempelajari umat manusia yang pada umumnya dengan mempelajari sebuah keanekaragaman warna, bentuk fisik dari masyarakatnya serta kebudayaan yang sudah dihasilkan.

Antropologi Budaya adalah studi banding yang mempelajari tentang bagaimana orang memahami dunia di sekitar mereka dengan cara yang berbeda. 

Sejajar dengan perkembangan antropologi budaya di Amerika Serikat, di Inggris antropologi sosial, dimana "kesosialan" merupakan paham inti yang berpusat pada penelitian mengenai kedudukan dan peranan sosial, kelompok, lembaga dan hubungan antaranya, berkembang sebagai disiplin akademis. Suatu istilah perangkum, yaitu antropologi sosial-budaya, mengacu baik ke antropologi budaya maupun sosial

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...