Search This Blog

Melestarikan Sumber Daya Air

Hasil gambar untuk air pegunungan

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Semua makhluk akan mengalami kesulitan bertahan hidup jika kekurangan konsumsi air. Manusia menggunakan air untuk mandi, cuci dan kakus. Binatang memerlukan air sebagai salah satu sumber energi, sedangkan tumbuhan membutuhkan keberadaan air untuk bisa tumbuh dan berkembang. Lingkungan alam menyediakan banyak air yang melimpah, contohnya air tanah, air laut, air sungai dan air danau (baca juga : Jenis Jenis Air).

Keberadaan air yang melimpah ruah di lingkungan alam itu harus lah dilestarikan dan dilindungi dari pencemaran air (baca : Dampak Pencemaran Air). Beberapa polutan yang dapat mencemari air diantaranya adalah sampah,serta pencemaran limbah, seperti limbah rumah tangga dan limbah industri. Diantara ciri ciri pencemaran air  yaitu air menjadi keruh, memiliki bau tak sedap dan mengandung zat serta bakteri yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Untuk mencegah terjadinya pencemaran air, kita harus berperan aktif dalam melestarikan sumber daya air. Beberapa cara menjaga kelestarian air yaitu :

1. Menghilangkan kebiasaan membuang sampah di sungai. Membuang sampah di sungai dapat mencemari air sungai yang bermuara di laut, dan pada akhirnya mencemari air laut dan ekosistem pantai.
2. Menggalakan penanaman pohon, terutama jenis- jenis pohon yang akarnya tidak banyak menyerap air.
3. Menjaga kelestarian hutan, terutama hutan hujan tropis yang banyak menyimpan sumber- sumber air.
4. Tidak boros air. Kita harus bijak dalam menggunakan air meskipun tersedia banyak air bersih di lingkungan tempat tinggal kita.
5. Tidak membuang limbah berbahaya ke dalam aliran air sungai. Setiap industri harus melakukan pengelolaan limbah yang baik agar limbah yang dibuang tidak menimbulkan bahaya dan kerusakan bagi lingkungan alam.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...