Search This Blog

Opini publik

Hasil gambar untuk opini publik

Opini publik iyalah istilah serapan dari bahasa asing (opinion), merupakan tanggapan atau jawaban terbuka terhadap sesuatu persoalan yang dinyatakan berdasarkan kata-kata, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Opini juga dapat berupa prilaku, sikap tindak, pandangan dan tanggapan.

Opini publik adalah pendapat, panda­ngan- pandangan masyarakat luas (publik) terhadap segala kebija­kan yang berhu­bungan dengan masya­ra­kat oleh negara (Legislatif, Ekse­ku­tif dan Yudikatif). Opini publik meng­kristal manakala dalam suatu ke­bijakan ada pertimbangan serius baik yang dilupakan dan atau dinilai masyarakat penting. Sehingga opini publik bisa berbentuk dukungan se­cara mayoritas dan penolakan se­cara mayoritas pula.

Opini publik dalam kehadirannya se­­sungguhnya menunjukkan tingkat partisipasi rakyat dalam mengikuti perkembangan- perkembangan politik secara informal serta jiwa kritis masya­rakat yang terbangun seketika itu pula. Dalam hal ini, bisa kita tarik pe­mahaman bahwa opini publik ter­sebut menunjukkan syarat yang sehat dan landasan kuat bahwa demokrasi Indonesia akan semakin maju. Sebab, lewat adanya dan aktifnya opini publik kekinian menunjukkan setidaknya tingkat melek politik rakyat.

Lebih dari itu, Opini publik yang me­ngalir sejatinya mengalir sebagai­mana adanya, berdasarkan kalkulasi rasionalitas publik tanpa ada mo­bi­lisasi dari kepen­tingan tertentu. Opini pu­blik bahkan kekinian menemukan ja­lan kreatifnya tersendiri selain ben­tuk- bentuk konven­sional seperti de­mons­trasi, aksi dan atau lewat petisi yak­ni lewat meme- meme yang ber­mun­culan seketika menjamur ketika ada hal- hal yang dirasa publik me­nyim­pang dan menyalahi ekspektasi publik.

Tidak bisa dihitung jari berapa ka­sus atau polemik yang mendapat so­rotan publik, lalu diubah pemerintah de­ngan mendengar dan memenuhi as­pirasi publik tersebut. Tidak bisa lain, Opini publik menjadi alat kekinian ma­syarakat untuk mengawal dan mendobrak segala kebija­kan- kebija­kan. Hal ini mendapat urgensinya ma­nakala pemerintah kita kekinian ada­lah pemerintah yang dipilih langsung oleh rakyat.

No comments:

Post a Comment

komentar

Ke Mana Semua Kekuasaan Menghilang ?

Bidang politik pun semakin banya ilmuan yang meng-interprestasikan struktur politik manusia sebagai sistem pemprosesan data. Sebagai mana ...